PROJECT UAS
(Ujian Akhir Semester)
kelompok3ipa2018.blogspot.com
Tema:
“Dampak Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Ilmu Pengetahuan
Alam(IPA) Dalam Membentuk GROWTH MINDSET Anak Usia Sekolah Dasar”
v Langkah Kerja:
1.
Kelompok
belajar siswa
Dengan siswa 6
anak dari sekolah dasar untuk melaksanakan praktikum IPA.
2.
Asesmen
awal
Siswa mengisi
angket yang telah disediakan: pre test.
3.
Kegiatan
pembelajaran kontekstual
Siswa melakukan
praktikum dengan sesuai petunjuk yang diarahkan, kami mengambik praktikum “Terapung,
Melayang, dan Tenggelam”.
4.
Asesmen
akhir
Setelah
melakukan praktikum, siswa kembali mengisi angket yang telah disediakan: post
test.
5.
Kesimpulan
Menyimpulkan
mulai pre test, praktikum, dan post test.
v Kesimpulan
Pembelajaran kontekstual merupakan suatu pembelajaran yang perlu di
terapkan dalam melaksanakan pembelajaran di anak didik usia sekolah dasar,
sebab pembelajaran kontekstual mengutamakan kekonkritan dalam dunia nyata.
Sehingga anak didik akan jauh lebih memahami materi, Jadi jika pembelajaran
kontekstual diterapkan dalam sekolah dasar akan membentuk tingginya rasa
keingintahuan anak didik terhadap mata pelajaran yang akan dipelajari.
Dampak dari pembelajaran kontekstual pada materi ipa dalam
membentuk growth mindset anak usia sekolah dasar yaitu:
a.
Dampak
positif
1.
Anak
didik akan lebih mudah untuk mengingat materi jika dikaitkan dalam dunia nyata,
bukan hanya sekedar menghafal.
2.
Siswa
akan lebih semangat dalam belajar.
3.
Siswa
akan mudah memahami mata pelajaran ipa. Sehingga mata pelajaran ipa menjadi
tidak serasa sulit.
4. siswa dituntut lebih aktif dalam proses pembelajaran.
4.
5. ![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar